Komitmen Perangi Hoax dan Ujaran Kebencian, PP GMKI Adakan Pertemuan Nasional dan Deklarasi Kader Anti Hoax

Palopo – Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI) mengadakan “Pertemuan nasional dan deklarasi kader anti hoax” beserta seminar nasional dengan tema “Peran pemuda dan pemerintah dalam penanggulangan ancaman haox untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa berdasarkan Pancasila”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis 19 April 2018 di Gedung Saodenrae – Palopo dan dihadiri sekitar 1300 peserta.

Keynote speaker, Oesman Sapta selaku Wakil Ketua MPR RI yang diwakilkan Charles Simaremare dalam materinya mengatakan, generasi muda di Kota Palopo harus menjadi benteng terdepan menangkal berita hoax.

Anak muda, saatnya anda harus mengisi kapasitas diri dengan hal-hal positif. Karena anda adalah penerus bangsa ini nantinya. Apabila anda sudah mulai dengan hal-hal negatif dimasa muda, maka nantinya juga anda akan pelaku negatif.

“Jadilah orang terdepan menangkal berita hoax dan orang terdepan dalam pekerjaan positif,” kata dia.

Perwakilan Dewan Pers, Sabam Leo Batubara yang pernah menjabat sebagai wakil ketua Dewan Pers, dalam pemaparannya mengatakan, masyarakat butuh informasi cerdas. Berita cerdas akan lahir dari wartawan yang cerdas. Jika tiap hari Anda baca berita berkualitas, maka otak anda akan berkualitas. Namun, jika Anda bacanya berita cabul, maka otak Anda akan memiukirkan cabul.

Sekarang dunia sudah dalam genggaman melalui smartphone. Dampak berita hoax membuat banyak korban.

“Jalan keluarnya, tingkatkan kecerdasan supaya cerdas dalam menatap masa depan,” sambung Sabam dengan nada tegas.

Diakhir acara, PP GMKI dengan seluruh peserta dalam ruangan bersama-sama mendeklarasikan kader anti hoax sebagai bukti komitmen dalam menolak hoax dan ujaran kebencian. Adapun poin – poin dalam deklarasinya adalah sebagai berikut:

Kami generasi milenial menolak segala bentuk haox dan ujaran kebencian yang ingin memecah belah persatuan bangsa;

Kami generasi milenial adalah generasi yang berpikir positif dan akan bekerja bersama unutk membangun bangsa menuju Indonesia emas 2045

Leave a Comment

Your email address will not be published.