Peduli Kesehatan Masyarakat, GMKI dan UMKRIS RSPB Adakan Seminar dan Bakti Sosial di KM 24 Balikpapan

BALIKPAPAN – Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Balikpapan mengadakan kegiatan baksos pelayanan kesehatan yang bekerjasama dengan UMKRIS RS Pertamina Balikpapan, Sabtu (3/6) kepada masyarakat jemaat tiga gereja di daerah KM 24 di Gereja Toraja Balikpapan.

 

“Kegiatan baksos pelayanan kesehatan ini merupakan salah satu bukti nyata pengabdian dan pelayanan GMKI kepada masyarakat khususnya masyarakat kota Balikpapan. Kegiatan ini merupakan rangkaian Dies Natalis GMKI Cabang Balikpapan yang ke-7,” tutur Febry Ketua Panitia.

 

Kegiatan ini meliputi pengecekan kesehatan gratis serta seminar kesehatan. Kegiatan Seminar Kesehatan yang dibawakan terbagi dalam dua materi, yang pertama mengenai Osteoarthritis (pengapuran sendi) yang dibawakan oleh dr Alexander JH Lelengboto, SpOT MKes, dokter spesialis bedah tulang dari RS Pertamina Balikpapan.

 

“Kedua, mengenai Diabetes Melitus atau kencing manis oleh dr Endang Krismawati. Seminar kedua diselingi dengan senam diabetes yang dipandu oleh instruktur andal RSPB oleh dr. Alphius Marthin, Amd Fis,” Sambung Febry.

 

Kegiatan Baksos Pelayanan Kesehatan ini berlangsung sejak jam 10.00 – 13.00 WITA dan dihadiri sekitar 100 jemaat dewasa dan sekitar 50 anak-anak. Jumlah tim medis dari Umkris RSPB 15 orang yang terdiri dari dua dokter spesislis, tiga dokter umum, tujuh orang perawat, satu orang orang apoteker dan dua bidan. Jumlah pasien yang dilayani sebanyak 85 orang dewasa, 25 orang anak-anak.

 

Menurut dokter, hiperuricemia atau asam urat adalah penyakit paling banyak dialami oleh pasien dari penyakit yang lain yaitu tekanan darah tinggi, kencing manis, infeksi saluran napas atas (Isfa), sakit ulu hati, vertigo dan sakit tulang.

 

“Kami sangat senang mendapatkan kesempatan pelayanan seperti ini, kami harapkan kerjasama pelayanan sosial kesehatan yang seperti ini tetap terjalin dan kami siap membantu,” tutur dr. Kristin (Ketua UMKRIS RSPB).

 

Kegiatan ini ditutup dengan healthy talk dari tim PPI RSPB tentang hand hygiene, yaitu cuci tangan bersih, baik dan benar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.