GMKI: Kita Harus Siap Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Bitung – Konsultasi Nasional GMKI tahun 2018 membahas revolusi industri 4.0 yang saat ini semakin berkembang. Tidak bisa dipungkiri, pemuda harus siap bersaing.

 

Elia Paul Ang merupakan seorang pengusaha berbasis digital mengatakan, saat ini Indonesia memiliki 52 % e-commerce se Asia dan diprediksi Indonesia akan menempati urutan ke 6 dalam kekuatan ekonomi dunia di tahun 2030. Bahkan Indonesia akan menjadi negara paling diminati oleh negara-negara lain (14/7).

 

Perkembangan teknologi saat ini berkembang sangat pesat dan dapat menyebabkan ketertinggalan apabila kita tidak sanggup untuk mengimbangi,” kata Elia.

 

“Teknologi saat ini sudah mempu menciptakan robot yang akan mengerjakan berbagai perkerjaan manusia bahkan sangat mirip dengan manusia. Hal ini memberikan pengaruh buruk dalam penyerapan tenaga kerja di perusahaan ataupun instansi lainnya serta menjadi salah satu tantangan dalam mahasiswa dan pemuda kedepan.

 

“Pemuda kreatif dalam membuat sesuatu, maka tidak boleh hanya berwacana dan berdiam diri, inilah yang menjadi nilai positif dan jangan pernah menjadi korban dari perubahan, tetapi kita harus melihat peluang yang ada,” tegas Elia.

 

Salah satu kekuatan yang harus kita lakukan dalam menghadapi perkembangan teknologi dan mematahkan kapitalis adalah membangun komunitas ekonomi.

 

“GMKI dapat membangun komunitas ekonomi di desa karena kedepan peluang di desa lebih besar dibandingkan dengan yang ada di kota,” tutup Elia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.