Bersama Tagar News, PP GMKI Lakukan Pengembangan Teknik Jurnalisme

Foto Bersama diakhir sesi kegiatan, PP GMKI dan Direktur Tagar.ID

GMKI.OR.ID, Jakarta – Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI) lakukan pengembangan Jurnalistik bersama Direktur Tagar News. Sabtu (11/05).

Bertempat di Student Centre PP GMKI, Salemba No. 10, Ketua Bidang Media Komunikasi dan Informasi PP GMKI, Benardo Sinambela menyampaikan, bahwa kegiatan pemantapan kemampuan dalam dalam menulis saat ini sangat penting untuk semua kalangan, terkhusus bagi para kaum muda, karena setiap orang nantinya akan bergantung pada dunia digital.

“Pemantapan ini kita lakukan bukan semata hanya karena kita memiliki ketertarikan dunia tulis, namun lebih jauh lagi, kemampuan menulis hari ini sangatlah penting dan telah menjadi kebutauhan dasae kita, terutama bagi kaum muda yang hidup di jaman serba digital. Mau tidak mau, kita harus memiliki kemampuan menulis untuk bisa memberi warna di ruang-ruang virtual,” ungkap Benardo.

Ditambahkan Abib Sinurat selaku Sekretaris Fungsi Media Komunikasi dan Informasi, mengatakan bahwa pengembangan ini dinilai mampu mengasah kemampuan daya jurnalistik bagi pengurus harian kedepan dalam mewarnai media sosial saat ini.

“Ditengah marakanya media abal-abal yang seringkali menjadi kantong katong berita bohong, setidaknya pengurus pusat GMKI dengan pelatihan terbatas ini dapat menerapkan jurnalisme online yang baik dan benar, dengan menerapkan etika jurnalisme” kata Abib.

Direktur Tagar News, FetraTumanggor menjelaskan bahwa pengembangan Jurnalisme ini meliputi menulis siaran pers, rilis berita dan teknik jurnalisme online bagi sebuah organisasi. Dia mengatakan bahwa sebagai sebuah organisasi besar, GMKI harus mampu menjadi pioner dalam menggiring opini publik di segala jenis media.

“GMKI organsasi besar yang tidak lepas dari isu kebangsaan dan politik, setidaknya GMKI harus mampu menjadi bagian terdepan dalam menyoroti masalah – masalah kebangsaan dari media yang di milikinya” kata Fetra.

Fetra menambahkan bahwa tak cukup hanya memiliki kemampuan menulis siaran pers, rilis berita dan teknik jurnalisme online, PP GMKI harus tetap konsisten dalam menyiarkan apapun terkait kegiatan dan isu yang di angkat GMKI sendiri.

“Ada  banyak teknik yang di gunakan tagar news dalam menangkap momen dalam memberitakan sebuah kejadian, tapi yang terpentng adalah bagaimana pengurus pusat mampu tetap konsisten dalam memberitakan sesuatu” Lanjut Fetra.

Diharapkan pelatihan antara PP GMKI dan Tagar News atau media lainnya semakin sering dilakukan.

Direktur  Tagar News ini juga menambahkan, melalui pelatihan terbatas ini juga memberikan kesempatan PP GMKI meminta kepada kader yang ada di cabang untuk segera mengirimkan berita lokal ataupun kepada pengurus pusat.


Penulis: Abib Sinurat
Editor: Benardo Sinambela

Leave a Comment

Your email address will not be published.