Pengurus Pusat GMKI Adakan Pelatihan Vokasional Berbasis E-Commerce Zona Kalimantan

Peserta pelatihan Vokasional berbasis E-Commerce. (Foto/GMKI)

GMKI-OR,ID, Jakarta – Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) mengadakan pelatihan wirausaha dalam bentuk pelatihan vokasional berbasis E-Commerce.

Adapun kegiatan ini merupakan hasil kerja sama dari Pengurus Pusat GMKI MB 2018-2020, dan Kementerian Koperasi dan UKM dan di latih oleh Bukalapak yang merupakan Unicorn Indonesia.

Kegiatan berlangsung pada 9 sampai 11 Mei 2019 ini di hadiri oleh delegasi GMKI dari wilayah VI ( Palangkaraya dan Balikpapan) dan wilayah XIV (Pontianak, Bengkayang, Sintang) dengan jumlah peserta 30 orang.

Dalam kegiatan ini, GMKI Pontianak mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah.

Ketua umum PP GMKI MB 2018-2020, Korneles Galanjinjinay menegaskan Kegiatan ini adalah salah bentuk kepedulian GMKI terhadap kader kadernya.

“Di zaman sekarang saat kita mulai memasuki bonus demografi, generasi muda harus di perlengkapi dengan kemampuan berwirausaha, yang akan bermanfaat bagi kemandirian organisasi dan terlebih kepada kemandirian kader itu sendiri,” ujar Corneles Galanjinjinay usai menghadiri acara tersebut.

Pihak kementerian juga memuji Peserta pelatihan dari GMKI. Dalam acara penutupan rangkaian kegiatan pelatihan tersebut di hotel Kapuas Dharma, Kota Pontianak, sabtu (11/5/2019).

“Kita sangat senang dan bangga dengan teman-teman peserta dari GMKI, selama kita mengadakan kerja sama dengan beberapa lembaga, GMKI mendapat nilai tertinggi, nilainya kencapai 90,” ujar satu diantara Pihak kementerian yang menghadiri acara tersebut.

Melihat antusiasme dari peserta, kegiatan pelatihan ini sangat efektif bagi para wirausaha pemula khususnya kader GMKI se-kalimantan.

Instruktur yang berasal dari kementerian dan dinas KUKM mensosialisasikan regulasi dan dukungan pemerintah terhadap pelaku bisnis, selanjutnya bukalapak memberikan trik jitu dan teknik berjualan dalam mempromosikan produk di platform e-commerce.

Menurut David Sirait Kabid Ekonomi Kreatif PP GMKI ini adalah kaloborasi yang baik, hanya saja tidak cukup kursus kilat ini bagi wirausaha pemula untuk langsung mandiri dalam menjalankan usahanya.

Jadi perlu pendampingan dan mentoring khusus sebagai ruang konsultasi antara pelaku usaha, pemerintah, serta pihak pendukung lainnya. Bisa dikatakan seperti inkubator bisnis.

Leave a Comment

Your email address will not be published.