Fotografi, Ruang Ekspresi Baru Bagi Kader GMKI

Lilik Dharmawan, Jurnalis-Fotografer Media Indonesia praktekkan pengunnan Kamera.

 

GMKI.OR.ID – Purwokerto. Sebanyak 55 Peserta pelatihan Jurnalisitik Nasional GMKI mengikuti pelatihan jurnalistik dan fotografi, yang dilangsungkan di Baturaden Purwokerto, Jawa Tengah, Sabtu (25/5).

Sekretaris Bidang Komunikasi dan Informasi PP GMKI, Abib Sinurat mengatakan banyak kader GMKI yang berminat dalam bidang fotografi yang kemudian harus diberi ruang baru untuk berekspresi.

“pelatihan ini sebenarnya pelatihan dasar, walau memang di GMKI sendiri saya banyak menemukan kader yang memiliki bakat dalam bidang fotografi, dan hal kader-kader itu harus diberi ruang untuk berekepresi” Kata Abib.

Sebagai Fasilitator dalam pelatihan tersebut, Lilik Dharmawan, Jurnalis Fotografi Media Indonesia, mengatakan bahwa didalam sebuah foto yang dilihat oleh banyak orang terkandung dampak positif dan negatif tergantung dari sudut mana orang itu melihat gambar tersebut.

“Literasi Visual adalah kemampuan untuk menginterpretasi dan memberi makna dari sebuah informasi yang berbentuk gambar atau visual” Kata Lilik Dharmawan.

Beliau mencontohkan beberapa kasus tempo silam seperti kejadian 1998 dimana saat itu Presiden Soeharto yang otoriter, korupsi, dan lainnya, membuat masyarakat akhir melakukan demo di tahun 1998 karena mereka geram dengan keadaan saat itu.

“foto mahasiswa tergeletak di jalanan yang di ambil oleh Julian sihombing, dimana. Interpretasi didalam gambar tersebut adalah suasana yang mencekam dan salah satu momentum untuk memberoktak dan malawan” Jelas Lilik.

Diakhir sesi Lilik menutup pelatihan dengan kesimpulan bahwa Framing yang ditampilkan dalam media menjadi salah satu hal yang penting karena harus ada tanggung jawab dari seorang fotografer.

Leave a Comment

Your email address will not be published.