Direktur Tagar Id : Soal Menulis, Jangan Basa-basi

GMKI.OR.ID -Purwokerto. Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI) menggelar pelatihan Jurnalistik Nasional GMKI di Baturaden, Purwokerto. Pelatihan tersebut merupakan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan kader GMKI dalam pengembangan Jurnalisme. Salah satu materi dalam pelatihan tersebut menyoal kepada penulisan siaran pers yang disampaikan oleh Direktur Tagar.ID, Fetra Tumanggor. (25/5).

Fetra mengatakan terkadang yang menjadi kelemahan dalam sebuah penulisan yakni penulis tidak mengetahui cara menulis yang baik. Dia melanjutkan bahwa sebenarnya mulai dari bangku sekolah dasar (SD) sudah diajarkan tentang tata cara penulisan.

“Kelemahan kita adalah kita gak tahu cara menulis. Saya mau sampaikan kalau sejak sd kita ada satu pelajaran yang namanya mengarang indah dan yang paling susah dari mengarang yaitu mengurai kalimat,” ucap Fetra
Dalam sesi pelatihan tersebut peserta di beri materi tentang cara menulis siaran pers yang baik, tujuan penulisan dan teknis siaran pers, sekaligus Fetra mengajak peserta untuk membuka pemikiran tentang dasar –dasar dan cara menulis yang baik.

“Saya hanya ingin membuka pemikiran kawan – kawan, bagaimana menulis yang baik dan dasar – dasar nya paling enggak itu di pahami dulu kalau itu sudah bisa baru kemudian kita bisa melangkah lagi ke materi lain yang lebih spesifik lagi ke arah menulis yang baik,” tegas Fetra.

Pada sesi akhir pelatihan, Fetra mengatakan “Intinya didalam sebuah tulisan adalah straight to the point dan tidak usah basa – basi,“. Selain itu dia juga mengajak dan membuka kesempatan untuk seluruh peserta yang berkeinginan untuk merilis tulisan mereka.

Leave a Comment

Your email address will not be published.