Pesan Paskah Pengurus Pusat GMKI

Buanglah ragi yang lama itu, supaya kamu menjadi adonan yang baru, sebab kamu memang tidak beragi. Sebab anak domba Paskah kita juga telah disembelih, yaitu Kristus.” (1 Korintus 5:7).

Paskah merupakan peristiwa kebangkitan Yesus Kristus. Sebuah puncak penebusan atas kuasa maut. Melalui kematian dan kebangkitanNya, manusia dan dunia telah dibebaskan dan dipulihkan dari segala dosa. Sejatinya, kebangkitan Kristus telah menjadikan semuanya baru dan sempurna.

Kebangkitan Kristus mestinya mengantarkan umatNya untuk memusatkan seluruh tindakannya kepada Kristus (christo centris). Bahwa keberadaan manusia di tengah dunia merupakan panggilan dan tanggung jawab luhur untuk terus memperbaharui relasinya terhadap Sang Pencipta dan ciptaan lainnya. Sebagaimana diperbaharuiNya lewat tindakan totalitas penyelamatan.

Paskah mengajak kita untuk terus memaknai perjuangan hidup. Menghargai waktu dan kesempatan yang diberikan Tuhan untuk merawat seluruh isi dunia. Hendaknya manusia yang telah diselamatkanNya diajak untuk melepaskan bayang-bayang hidup lama. Keluar dari ruang kesesatan, melangkah di bawah tuntunan cahaya pengharapan, dan menuju jalan terang penuh kemenangan.

Pada prinsipnya, kebangkitan Kristus secara langsung menyuntikan spirit kebaruan. Memberi kesempatan baru kepada manusia untuk menata-kelola alam dan masa depannya secara bertanggung jawab. Selebihnya, semua ditentukan oleh manusia untuk menyelenggarakan kehendaknya. Baik terhadap dirinya, keluarga, gereja, komunitas, bangsa dan negara.

Sejalan dengan itu, paskah memberi arti syukur dalam laku hidup menanggapi berbagai gejolak dan situasi yang ada. Adapun pandemi Covid-19 yang belum entah kapan berakhirnya. Ancaman terorisme yang kian berpotensi merusak sendi-sendi kebangsaan. Maupun bencana alam yang setiap saat dapat bergejolak dan merenggut kehidupan manusia.

Melalui Paskah tahun 2021 ini, Pengurus Pusat GMKI menyerukan pesan Paskah kepada seluruh civitas GMKI:

Pertama, kebangkitan Kristus adalah titik refleksi mendasar yang secara terus-menerus menyadarkan kita semua untuk tetap percaya dan berpengharapan kepada Kristus. Sebagai kader GMKI, teguhkanlah iman dalam pewartaan kabar baik. Lakukanlah kerja-kerja pelayanan gerakan secara bertanggung jawab dalam memperbaharui kehidupan gereja, perguruan tinggi dan masyarakat

Kedua, kebangkitan Kristus yang adalah karya penyelamatan dan peneguhan janjiNya mesti juga terpancar dalam relasi kasih dengan sesama. Nyatakanlah persaudaraan yang saling menghidupkan. Ekspresikanlah cinta kasih dalam kehidupan sehari-hari. Serta, kokohkanlah spirit kerelawanan terhadap sesama yang membutuhkan pertolongan.

Ketiga, kebangkitan Kristus sebagai bentuk sukacita besar perlu direspon secara aktif, kreatif, dan produktif oleh seluruh kader GMKI. Berjiwa besar dan beranilah bersikap untuk melakukan kebaikan. Setialah pada garis perjuangan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. Terangi dan garamilah lingkungan keberadaanmu demi menciptakan bumi Indonesia yang baru

Akhir kata, Pengurus Pusat GMKI Masa Bakti 2020-2022 mengucapkan selamat Paskah. Kiranya damai sejahtera Kristus selalu memperbaharui hidup dan kehidupan kita.

Tinggilah iman,
Tinggah ilmu,
Tinggilah pengabdian kita.
UT Omnes Unum Sint.

Leave a Comment

Your email address will not be published.