Pembukaan Konperensi Cabang ke XIII, GMKI Palopo: Pancasila Telah Mengakar dan Tumbuh dengan Baik Di Palopo

02 Jun 2017 14:30:54 || Penulis:PENGURUS PUSAT


Palopo - Pembukaan konperensi studi lokal dan konperensi cabang XIII GMKI Palopo dilaksanakan di aula kantor walikota Palopo (1/6/17). Pembukaan konperensi cabang tersebut turut dihadiri oleh pengurus pusat GMKI David Sitorus (wakil sekretaris umum) dan Johnson koordinator wilayah 8 (Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat). Pembukaan juga di hadiri perwakilan walikota Palopo, perwakilan dari kapolres kota Palopo, perwakilan DPRD kota Palopo, senior members/friends, kelompok cipayung kota Palopo yaitu HMI, PMII, PMKRI, KMHDI, LMND serta OKP yang ada di Palopo. Konperensi cabang diawali dengan ibadah pembukaan yang diikuti oleh semua peserta dan undangan dari kelompok keagamaan yang berbeda.

Ketua cabang, Ardy Seruh Palulun dalam sambutannya mengatakan, selamat menjalankan ibadah puasa dan selamat memperingati hari kelahiran Pancasila. Sebagai orang Indonesia sudah sepatutnya menjaga keberagaman yang ada. Pemuda sebagai tunas bangsa harus berlomba-lomba menciptakan kedamaian sebagaimana cita-cita founding father bangsa ini.

"Begitu juga pada konperensi cabang GMKI cabang palopo, haruslah memberikan pemikiran yang konstruktif dan membangun. Kita melaksanakan konperensi cabang bukan sekedar menyampaikan laporan pertanggungjawaban, tetapi yang paling utama adalah memberikan solusi mengatasi masalah dan memberikan masukan", kata Ardy.

Perwakilan pengurus pusat, David Sitorus mengatakan, pembukaan konperensi cabang hari ini bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila. Mari sama – sama mewujudkan tema GMKI “ berdamailah dengan semua ciptaan”. Melihat wajah Allah ada pada wajah setiap manusia dan mempercayai bahwa setiap manusia adalah ciptaan Tuhan, maka kedamaian akan tercipta dan masa depan akan nyata. Inilah nilai Pancasila yang harus selalu kita bangun. Indonesia memiliki keberagam yang luar biasa yang harus kita jaga. Maka sebagai anak muda kita harus menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara,  tidak boleh terprovokasi dengan isu – isu hoax.

David juga mengatakan, konperensi cabang adalah momentum untuk mengevaluasi secara kritis dan konstruktif untuk membawa GMKI cabang Palopo lebih baik. Mari sama - sama memberikan pola pikir, saran dan masukan. Mari merawat kebersamaan, baik secara internal di GMKI maupun sesama kelompok masyarakat di kota Palopo dan nasional di Indonesia.

Anggota DPRD Kota Palopo, Steven Hamdani S.T. M.Si dalam sambutannya mengatakan, kita harus menjaga kebersamaan yang selama ini telah terawat dengan baik di kota Palopo. Pemuda dan mahasiswa hari ini baik kelompok keagamaan maupun organisasi mahasiswa harus bersatu. Pemuda dan mahasiswa harus mengekspresikan diri secara kreatif dan menjadi garda terdepan pemersatu bangsa di Indonesia dan di kota Palopo khususnya.

Kepolisian ressort Palopo, yang diwakili AKP Marthen S. R. (Kasat Binmas Polres Palopo) juga mengapresiasi pelaksanaan kegiatan. Pemuda dari latarbelakang agama yang berbeda maupun kelompok bisa hadir dan bersatu dalam acara pembukaan konpercab GMKI Palopo.

“Harapanya kegiatan ini dapat meningkatkan kegiatan positif anak muda di kota Palopo. Dapat semakin mempererat keberagaman sebagai wujud dari arti Pancasila sebagai dasar berbangsa” tutur Marthen.

Perwakilan dari Pemerintahan Kota Palopo, Ir. Antonius Dengen, M.Si. (Kepala Dinas PUPR) menyambut kegiatan GMKI dengan baik dan mengapresiasi kegiatan ibadah pembukaan karena beribadah bersama dengan kelompok keagamaan yang berbeda.

“Hal ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat kota Palopo. Untuk itu sebagai bentuk apresiasi, setiap kegiatan organisasi kemahasiswaan di kota Palopo akan mendapat dukungan dari pemerintah kota Palopo” tutur Antonius.

Pembukaan konperensi studi lokal dan konperensi cabang XIII GMKI cabang Palopo resmi di buka oleh bapak Antonius Dengen dengan ketukan 3 kali yang kemudian diikuti tepuk tangan meriah dari undangan dan peserta.



Baca Juga