Organiasasi Eksternal Palembang Dukung Perppu No 2 Tahun 2017 Tentang Ormas

26 Jul 2017 17:29:36 || Penulis:PENGURUS PUSAT


Jakarta, GMKI.OR.ID -  Organisasi Kemahasiswaan di Palembang yaitu GMKI, PMKRI, PMII dan GMNI menyatakan dukungan kepada Perppu No 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Masyarakat.

Kordinator Wilayah II (Sumsel, Bengkulu, Lampung, Jambi, dan Bengkulu) PP GMKI, Efpranoto menilai bahwa Perppu Ormas merupakan upaya dari Pemerintahan Joko Widodo dalam menjaga kemurnian nilai-nilai pancasila terhadap paham-paham konserfatif yang mengacu kepada ekspresi radikalisme.

"Kita mendukung adanya Perppu Ormas karena munculnya perpu tersebut untuk menjaga nilai-nilai pancasila."  kata dia.

Menurut dia, tuduhan Perppu No 2 Tahun 2017 telah mencedari semangat dari reformasi dan pelanggaran HAM dinilai kabur karena sesungguhnya  Hak Asasi Manusia yang dimaksudkan bukanlah membabi buta, koridor HAM dibatasi oleh nilai-nilai budaya, adat istiadat, agama dan jga tradisi nenek moyang kita, semua itu sudah terakomodir dalam satu idiologi yaitu Pancasila.

"Kami akan mengawal Pemerintah dalam menjalankan Perppu ini dan kami Siap berperan aktif dalam memerangi paham radikalisme, anti pancasila dan Undang-Undang Dasar Tahun 1945,"  kata dia.

Dia juga menyampaikan agar pemerintah dalam melaksanakan Perppu harus menjunjung tinggi asas praduga tidak bersalah sehingga pelaksanaan Perppu tidak membuat pemerintah seoalah-olah melakukan tindakan melanggar HAM.

"Kami berharap pemerintah melaksanakkan musyawarah sehingga demokrasi tetap terjaga,"  tandasnya.