GMKI Bandarlampung Selenggarakan Diskusi Perempuan

17 Sep 2017 15:26:42 || Penulis:PENGURUS PUSAT


Bandarlampung, GMKI.OR.ID - GMKI Cabang Bandarlampung telah melaksanakan kegiatan Diskusi Perempuan yang dilaksanakan di Sekretariat GMKI Cabang Bandarlampung.

Diskusi kali ini di bawakan oleh saudari Dewi Marthalena dimana beliau adalah Wakil Sekretaris Administrasi GMKI Bandarlampung 2016-2018, beliau juga merupakan salah satu peserta yang mengikuti kegiatan Pelatihan Advokasi Perempuan yang diadakan oleh PP di Salatiga. Diskusi ini dihadiri oleh 25 orang.

Tema diskusi yang disampaikan saat itu adalah “PEREMPUAN UNTUK PERUBAHAN”.

“Alasan saya mengambil tema ini adalah, agar para perempuan menyadari dan mengetahui bahwasanya peran perempuan juga sangat lah penting untuk suatu perubahan” ujar Dewi Marthalena.

Banyak sekali materi yang disampaikan oleh beliau saat diskusi berlangsung, tapi yang sangat menarik saat diskusi ini adalah pembahasan tentang perspektif gender.

Seperti yang disampaikan oleh pemateri, bahwasanya gender dan seks itu berbeda. Gender sendiri adalah perbedaan sosial, peran fungsi dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan. Sedangkan, Seks adalah perbedaan jenis kelamin, dan organ biologis antara laki-laki dan perempuan. Perbedaan yang perlu kita ketahui juga dimana gender adalah buatan manusia dan seks adalah ciptaan Tuhan. Dari penyampaian materi tersebut timbul banyak sekali pertanyaan-pertanyaan dari peserta diskusi, baik dari kaum perempuan maupun kaum laki-laki. “Advokasi yang kita lakukan untuk saat ini ya kita mulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu seperti, pendekatan secara pribadi, perduli terhadap perempuan yang sedang dalam masalah, melakukan diskusi terkait permsalah yang ada di sekeliling kita, hal-hal kecil aja dulu”, ujar wakil sekretaris administrasi cabang tersebut.

Dari situlah mulai banyak masukan yang disampaikan oleh peserta diskusi untuk kegiatan apa yang akan di lakukan selanjutnya setelah diskusi ini berlangsung.

Hingga akhirnya dari kegiatan diskusi ini, srikandi-srikandi GMKI CABANG Bandarlampung akan mengadakan diskusi rutin.

Dari diskusi tersebut juga para peserta dan pemateri kali ini sudah merumuskan intisari materi-materi yang akan di bawakan untuk diskusi selanjutnya, diantaranya:

  • Perspektif Perempuan dalam Adat dan Budaya.
  • Pendidikan Perempuan dan Anak
  • Perempuan dalam dunia Politik
  • Tingkat Kesehatan Perempuan dan Anak
  • Masalah-masalah yang dialami Perempuan.

 

Akhir kata yang disampaikan oleh pemateri adalah” Mulai dari sekarang pedulilah akan permasalah perempuan yang ada di seitar kita dan buka lah pikiran kita bahwa sanya perempuan itu bisa membawa perubahan. 



Baca Juga