KELUAR DARI LABIRIN HITAM PUTIH KEKERASAN

09 Oct 2017 09:43:41 || Penulis:PENGURUS PUSAT


Penulis: Suarbudaya  Rahadian 

Yohanes 8:2 

Kekerasan memiliki banyak wajah. Dia bukanlah sebuah perkara  hitam  putih  yang  dapat  dipilah  begitu saja  didalam  urusan  etika.  Ada  hal  yang  serius  perlu digumuli  terkait  dengan  kekerasan.  

Menurut  Stanley Hauwerwas seorang teolog Amerika    terkemuka  abad  20, Kekerasan  berakar  dari  sikap  reaktif  pada ketakutan ketakutan kita.  Ketakutan  kehilangan  kendali.  Kendali  atas  satu  kaum, kendali  atas  pendapat orang  pada  kita,  kendali  kita  atas kehidupan  yang  ironisnya  mesti  mengorbankan  kehidupan orang  lain  Hal  ini  dapat  kita  lihat  bagaimana  rezim  orde  baru melakukan  berbagai  tindakan  penculikan,  pemenjaraan  tanpa pengadilan,  bahkan  pembunuhan  melalui  aparatur mempertahankan hegemoninya. negara  demi Di sisi  lain  kekerasan  juga  dapat  menjadi  ekspresi  puncak dari    tindakan    protes  karena  adanya  ketidakadilan.  

Ketika komunikasi  tidak  terjalin  dan  macet sementara  hidup  seseorang atau  sekelompok  orang  terancam,  kekerasan  dapat  menjadi sebuah  penanda  terkuat  perlawanan  atas  penindasan. Terbentuknya  frontfront  perlawanan  fisik    terhadap  penjajah kolonial  Belanda  yang  melibatkan  remaja usia sekolah  yang dipersenjatai  pada  era  awalawal  proklamasi  kemerdekaan Negara  Kesatuan  Republik  Indonesia  adalah  reaksi  atas kesewangwenangan  sikap  imperial  Belanda  kepada  Indonesia, dapat  dimaknai    sebagai  bentuk  perlawanan  melalui  cara kekerasan untuk melawan  penindasan. 

Dalam  bahasa  Inggris, kata  kekerasan  ( dari kata  Latin violentia Violence )  berasal yang  secara  harafiah  berarti pelanggaran  ( trespass) . mendefinisikan  kekerasan  sebagai  “ Lembaga  kesehatan  dunia  WHO the  intentional  use  of physical  force  or power ,  threatened  or  actual,  against  oneself, another  person,  or  against  a  group  or  community,  which  either results  in  or  has  a  high  likelihood  of  resulting  in  injury,  death, psychological  harm,  maldevelopment,  or  deprivation Diandaikan  ada  batas  demark ”.Diandaikan  ada  batas  demarkasi  yang  memberi  ruang  hidup pada  setiap  orang  /kelompok  orang  yang  tidak  dapat  dilanggar. Setiap  upaya  dan  niatan  untuk  mengancam  keberlangsungan hidup  dan  kualitas  hidup  sesama  manusia dapat  di  kategorikan sebagai   tindakan kekerasan. Di  banyak  bagian  d kekerasan ( i  Alkitab    Allah  mengutuk  tindakan bandingkan  Mazmur  11:5).  Secara  eksplisit maupun  implisit  tindak  kekerasan  senantiasa  ditentang  didalam perjanjian  baru,  baik  oleh  Yesus  maupun  oleh  para  rasul (bandingkan  Matius  5:43;  6:14;  26:52, Filipi  4:6).

 Kehidupan manusia  berharga  dan  harus  dilindungi  karena  pada  dasarnya  hidup  adalah anugerah  Allah.  Dapatkah  kita  simpulkan  bahwa  kekerasan  itu sepenuhnya  diharamkan  di  dalam  Alkitab?    Menarik  jika    kita sedikit  teliti  kita  dapat  melihat      ba gaimana  orangorang  saleh  di perjanjian  lama  memohon  balasan  yang  setimpal  kepada  orang orang  jahat  dan  penindas  (Bandingkan    Mazmur  35  ;1-- 5, bahkan  didalam  mazmur  137  :89  ada  doa  kutukan  yang  penuh kekerasan    kepada  para  pelaku  kekerasan!).  Perjanjian  baru pun  ternyata    mengambarkan  skema  keadilan  retributif    yang mengandung  unsur  kekerasan  kepada    para  pelaku  kejahatan (bandingkan  1  Korintus  5:5  ,    Roma  13:4).  Bahkan  secara metaforik  Yesus   yang   notabene  melarang  Petrus menggunakan  pedang  untuk  membelan (bandingkan  Matius  26:5052)   ya  di  taman  Getsemani pernah  menggunakan  ujaran yang  mengandung  ancaman  kekerasan  pada  orang  yang menyesatkan  saudaranya  (Bandingkan  Lukas 17:2). Pada  perikop  berikut  kita  akan  melihat    bagaimana  Yesus    menyelesaikan  dan  men yikapi  masalah  kekerasan    secara  utuh tanpa  jatuh  pada  sikap  yang  menyederhanakan,    dengan menegakan  peraturan    tatanan  tetapi  mengabaikan    cinta  kasih, atau  sebaliknya  jatuh  pada  ekstrem   mengasihi  dengan  mengabaikan  keadilan  dan kebenaran.