GMKI 68 Tahun, Yasonna Jadi Pembicara Seminar Nasional Indonesia Berdaulat dan Bekeadilan

10 Feb 2018 17:43:01 || Penulis:PENGURUS PUSAT


MEDAN, GMKI.OR.ID - Perayaaan Dies Natalis GMKI ke 68 yang dihadiri Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly  menyampaikan materi pada Seminar Nasional dengan tema Membangun Indonesia yang Berdaulat dan Berkeadilan

Pada kesempatan tersebut, Yasonna yang juga merupakan senior GMKI menyampaikan, persoalan esensi dari sebuah hukum adalah penghormatan kepada hak-hak asasi manusia.

"Hukum Indonesia saat ini masih jauh panggang dari api karena masih banyak kasus-kasus diadili tanpa menghormati hak asasi dari setiap manusia," kata dia.

Yasonna mencontohkan kasus yang dialami oleh nenek br Sitorus berusia 92 tahun yang diadili oleh pengadilan karena kasus penebangan pohon kecil. 

"Pada kasus tersebut Hakim dan Jaksa tidak punya perasaan manusia" tambah dia.

Selain itu, Yasonna juga menyampaikan persoalan keadilan ekologi,  sosial,  infrastruktur untuk kehidupan masa depan bangsa.

"Pembangunan bangsa yang berdaulat tidak mudah, terpenting visi dan misi dalam proses akan terus dilakukan. Indonesia saat ini tertinggal jauh. Apabila dari dulu serius melakukan pembangunan, maka kondisi Indonesia saat ini sudah lebih maju seperti perkiraan 25 tahun kedepan," kata dia.

Menurut dia, bila Indonesia terpecah karena pertikaian antar kelompok maka bukan persoalan mudah untuk bangkit. Karena itu perlu dilakukan pembenahan dari awal,  khususnya bagi para aktivis mahasiswa yang akan menjadi generasi bangsa ini.

"Visi negara Indonesia "keadilan bagi seluruh rakyat" harus sampai keseluruh rakyat Indonesia," tambah dia.



Baca Juga