Menpora Ingatkan Kembali Pesan Johanes Leimena di Ulang Tahun ke 68 GMKI

11 Feb 2018 08:14:39 || Penulis:PENGURUS PUSAT


MEDAN, GMKI.OR.ID - Perayaan Dies Natalis ke 68 GMKI dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi yang diselenggarakan di Medan Chatolic Center pada hari Jumat (9/2).

Menpora menyampaikan, meskipun GMKI telah berdiri setelah proklamasi kemerdekaan, namun cikal bakal GMKI jauh lebih panjang dari itu. Riwayat dapat dilacak hingga masa pergerakan nasional, seperti melalui Christelijke Studenten Vereeniging Op Java (CSV), juga peran tokoh nasional Johanes Leimena dan Wolter Monginsidi.

Pak Leimena pernah berkata, GMKI jadilah pelopor dari semua kebaktian yang akan dan mungkin harus dilakukan di Indonesia. GMKI jadilah suatu pusat sekolah latihan/leershool dari orang-orang yang mau bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mengenai kepentingan dan kebaikan negara dan bangsa Indonesia," pesan Menpora dengan mengutip kata J Leimena.

Dia juga menyampaikan bahwa GMKI harus mengambil bagian dalam momentum bonus demografi yang mencapai puncaknya diprediksikan terjadi tahun 2030, dimana jumlah anak muda usia produktif menjadi bagian besar bangsa kita.

GMKI harus ambil bagian dalam momentum ini. GMKI harus dapat melakukan kegiatan yang mampu mengentaskan masyarakat tersisih pada semua strata, melakukan alih teknologi, ilmu, dan seni kepada masyarakat untuk pengembangan martabat manusia serta kelestarian sumber daya alam. Hal ini untuk mendorong pembangunan ekonomi Indonesia. 

"Selain aktif dalam pembangunan ekonomi, GMKI juga harus aktif menjaga nilai-nilai kebhinnekaan," sambung Imam Nahrawi. 

Terakhir Menpora menggugah semangat kaum muda GMKI dengan kata-kata hebat pemuda Kristen Wolter Monginsidi, "Jika jatuh sembilan kali, bangunlah sepuluh kali, jika tidak bangun, berusahalah untuk duduk dan berserah kepada Tuhan. 

"Selamat Ulang Tahun GMKI. Hidup Pemuda Indonesia," tutupnya.



Baca Juga