Peduli Lingkungan, GMKI Cabang Bengkulu Tanam Mangrove

22 May 2017 16:03:59 || Penulis:PENGURUS PUSAT


GMKI.OR.ID – Tim Uous Natural Conservation (UNC) GMKI Cabang Bengkulu melakukan penanaman mangrove pada tanggal 19-21 Mei 2017 di pulau Tikus, Provinsi Bengkulu. Pulau Tikus ini terletak di sebelah barat Kota Bengkulu dengan jarak sekitar 10 km dari pusat Kota dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam.

“Luas pulau tikus ini dulunya adalah sekitar 2 Ha, namun hingga sekarang hanya tersisa 0,8 Ha. Hal ini dikarenakan pengikisan yang diakibatkan gelombang. Keadaan ini juga mengakibatkan semakin berkurangnya hewan penyu dan kura- kura didaerah ini” tutur ketua UNC, Meyer Siregar melalui Bidang Humas, Purwanto Pasaribu.

“Maka dari itu, Tim UNC melakukan penanaman mangrove disekitar pinggiran pantai pulau ini dan bekerja sama dengan Komunitas Mangrove Bengkulu, jurusan kelautan dan jurusan Biologi Universitas Bengkulu. Apabila hal ini kita biarkan, maka lama kelamaan pulau ini akan habis terkikis. Hingga saat ini kita sudah menanam sekitar 1350 mangrove, dan selanjutnya akan kita tambah lagi hingga mengelilingi pulau ini. Ini merupakan wujud dari cita – cita kita dalam GMKI untuk menjaga dan berdamai dengan semua ciptaan”, kata dia.

Purwanto mengatakan, langkah – langkah yang dilakukan dalam penanaman ini adalah, yang pertama pemasangan pipa peralon sebagai wadah penanaman dengan panjang sekitar 1,5 meter dan kedalaman 50 cm. Selanjutnya pipa peralon akan diiisi pasir hingga penanaman.

“Penanaman mangrove ini memang sangatlah simpel dan gampang, tetapi membutuhkan kesabaran, ketekunan dan harus hati - hati. Bibit juga sangat mudah kita dapatkan sekalipun dalam jumlah banyak, sekarang tergantung kepedulian kita untuk menjaga pulau ini, tutur Purwanto.

 



Baca Juga