GMKI Medan Gelar Refleksi Hari Lahir Pancasila

08 Jun 2017 20:29 || Penulis:MEDAN



MEDAN, GMKI.OR.ID - Pancasila yang digali dari kearifan lokal manusia sejak ratusan tahun lalu terbukti menjadi perekat yang manjur dalam mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman.

Hal tersebut disampaikan Ketua Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Medan, Valentino Panjaitan, pada refleksi Hari Lahir Pancasila di Jalan Iskandar Muda, Kamis (1/6).

Belakangan ini, lanjut Valentino, masalah yang marak terjadi adalah intoleransi, ujaran kebencian di media sosial sampai persoalan terorisme. Menurutnya, ini sangat menggelisahkan karena saat bersamaan pemerintah begitu gencar melakukan pembangunan demi menciptakan keberadaban.


“Sehingga, kita harus bergotong royong untuk kembali memulihkan relasi antar manusia Indonesia. Falsafah Pancasila yang berisi keseimbangan, termasuk relasi kepada Tuhan dan sesama manusia sudah sangat apik dirumuskan pendiri bangsa,” jelasnya.

“Artinya, ketika bangsa Indonesia percaya, ada satu kekuatan Maha Agung dan Maha Kasih yang memelihara kehidupan manusia, maka seharusnya, kepercayaan itu menjadikan relasi kita berlandaskan cinta kasih.”

Namun melihat keadaan sekarang, Valentino menyayangkan ketika mengaku percaya akan ke Maha Besaran Tuhan, tapi hanya menjadikan agama sebatas atribut simbolik dan alat politik. Bukan sebagai sarana menginternalisasi spritualitas antar sesama manusia.


Oleh sebab itu, dia menuturkan, tantangan kebangsaan di tahun-tahun mendatang sungguh membutuhkan kerja yang lebih keras. Tidak pada pemerintah saja, tapi seluruh rakyat harus gotong-royong.

“Untuk itu, individualisme harus dilawan. Itu tidak selaras dengan jiwa Indonesia. Hedonisme juga harus dihancurkan,” tegasnya.

Dalam orasinya, Sarjana Ekonomi lulusan Universitas Sumatera Utara itu juga menambahkan, Pancasila mengamanatkan untuk menciptakan keadilan sosial. Dia meyakini, hal itu dapat tercipta apabila setiap individu di negeri ini membudayakan gaya hidup ekonomi cukup dan tidak berfoya-foya.

Pada momen ini, GMKI Cabang Medan berkomitmen untuk terus membumikan Pancasila di setiap gerak langkah internal organisasi. "Dan dengan keteguhan iman, kami akan berjuang, tidak goyah merawat kebhinekaan dalam bingkai Negara Pancasila," ujar Valentino. (analisadaily.com)