GMKI Yogyakarta Melanjutkan Implementasi PDSPK GMKI 2006

18 Jun 2017 12:04 || Penulis:YOGYAKARTA



YOGYAKARTA, GMKI.OR.iD – Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Yogyakarta kembali melanjutkan kegiatan Implementasi Pola Dasar Sistem Pendidikan Kader (PDSPK) GMKI 2006 pada 17 Juni 2017. Kegiatan yang dihadiri oleh anggota dan Badan Pengurus Cabang (BPC) GMKI Cabang Yogyakarta tersebut dilanjutkan dengan 4 sesi materi. Yakni: Kepemimpinan dan Kepemimpinan Diri (Personal Victory), Kepemimpinan dalam Tim (Public Victory), Manajemen Kepanitiaan, dan Public Speaking.

Pada sesi Kepemimpinan dan Kepemimpinan Diri, kak Ricky Arnold Nggili (Senior Member GMKI Cabang Salatiga, Pengarah Koinos) memfasilitasi peserta untuk mengenal diri secara benar. Karena fondasi kepemimpinan adalah citra diri yang benar. Sehingga bisa mentransformasi diri dalam aspek spiritualitas, emosional, intelektualitas, dan fisik.

Setelah mengenal citra diri dan mengasosiasikan diri, peserta kembali diajak untuk mendalami dan mempraktekkan prinsip-prinsip Private Victory. Prinsip-prinsip untuk memenangkan diri tersebut yakni Proactive, Memulai dari yang Terakhir Dipikirkan (Start from the End), dan Menentukan Prioritas dan Manajemen Waktu (Put First Thing First).

Pada sesi Kepemimpinan dalam Tim, kak Ricky Arnold Nggili memfasilitasi peserta untuk mempelajari prinsip-prinsip Public Victory. Prinsip-prinsip untuk memenangkan publik tersebut yakni Memahami untuk Dipahami (Komunikasi Efektif), Berpikir Win-Win, dan Sinergi.

Sesi Kepemimpinan dalam Tim diakhiri dengan simulasi kelompok. Peserta berkumpul dalam kelompok untuk mendiskusikan pemecahan masalah. Kemudian dipresentasikan solusi pemecahan masalahnya dalam bentuk  Role Play.

Selanjutnya, sesi Manajemen Kepanitiaan menghadirkan bang Marthin Van Niel Silalahi (Senior Member GMKI Cabang Medan, Sekretaris Eksekutif Koinos) sebagai fasilitator. Dimana dalam sesi ini peserta mempelajari tentang pengertian manajemen kepanitiaan, fungsi manajemen kepanitiaan, psikoanalisis dalam praktek manajemen kepanitiaan, dan cara menyusun kepanitiaan berdasarkan analisis kepribadian (psikoanalisis). Sehingga peserta memiliki pemahaman yang benar untuk menyusun kepanitiaan.

Sebelum kegiatan Implementasi PDSPK GMKI 2006 ditutup dengan Ibadah dan Upacara Penutupan, Dodi Lapihu (Sekretaris Fungsional Pendidikan Kader dan Kerohanian/Sekfung PKK, Pengurus Pusat GMKI Masa Bakti 2016-2018) memfasilitasi peserta tentang Public Speaking. Mulai dari pengertian Public Speaking, contoh-contoh Public Speaker, jenis-jenis aktivitas yang termasuk Public Speaking, 4 gaya Public Speaking, hingga ke praktek Public Speaking.

Akhirnya, kegiatan Implementasi PDSPK GMKI 2006 yang dilaksanakan pada 16-17 Juni 2017 resmi ditutup. Dimana penutupan kegiatannya tak hanya dihadiri oleh anggota dan BPC GMKI Yogyakarta saja. Tapi dihadiri juga oleh perwakilan GMKI Cabang Salatiga, senior, perwakilan Koinos, Koordinator Wilayah (Korwil) IV PP GMKI Masa Bakti 2016-2018, dan Sekfung PKK PP GMKI Masa Bakti 2016-2018.