Tingkatkan Pengawasan Pemilu, GMKI Tarakan resmi melapor sebagai Pemantau Pemilu di Bawaslu Kota Tarakan

Tarakan – Badan Pengurus Cabang (BPC) Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Tarakan melaksanakan audiensi sekaligus resmi melapor sebagai Lembaga Pemantau Pemilu di Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tarakan. Audiensi tersebut disambut langsung oleh ketiga Pimpinan Bawaslu di Kantor Bawaslu Kota Tarakan pada Senin (7/11). Ketua GMKI Cabang Tarakan Agung Wiranto mengatakan bahwa silahturahmi dalam bentuk audiensi ini merupakan bentuk kerjasama yang sudah terjalin lama dimana GMKI Cabang Tarakan juga pernah terdaftar sebagai Lembaga Pemantau Pemilu pada Pemilu Serentak 2019.

Menurudnya, dengan resmi terakreditasinya GMKI pada No : 13/PM.05/K1/8/2022 sebagai Lembaga Pemantau Pemilu oleh Bawaslu RI pada bulan Agustus 2022 lalu, di Pemilu Serentak 2024 mendatang yang tahapannya sedang berlangsung, ini merupakan wujud nyata kerjasama kemitraan antar GMKI dan Bawaslu baik dari tingkat pusat hingga kedaerah yang sangat baik sehingga proses pengawasan bisa dilaksanakan bersama.

Ketua GMKI Cabang Tarakan yang didampingi oleh dua unsur Badan Pengurus Cabang Margareta (Kabid Pendidikan Kader & Kerohanian) dan Grace (Wakil Bendahara) serta satu orang anggota biasa Prengki, menyampaikan “Dalam kesempatan ini kami selaku Badan Pengurus Cabang GMKI Tarakan masa bakti 2022-2024 mengapresiasi Pimpinan Bawaslu Kota Tarakan telah bersedia menerima kunjungan silahturahmi kami dalam bentuk audiensi ini untuk melaporkan secara resmi organisasi kami sebagai Lembaga Pemantau Pemilu di Kota Tarakan” kata Agung

Agung juga mengatakan, GMKI Cabang Tarakan sebagai salah satu Lembaga Pemantau Pemilu yang sebelumnya juga memiliki MoU dengan Bawaslu Kota Tarakan berkomitmen mengawal demokrasi di Kota Tarakan sebagai bentuk wujud implementasi dari salah satu Visi GMKI yaitu Mewujudkan Demokrasi di Indonesia berdasarkan Kasih. Dan Siap melibatkan kader – kader GMKI Cabang Tarakan yang kompeten untuk terlibat dalam proses pengawasan partisipatif pada tahapan Pemilu Serentak 2024 “Dari beberapa Tahapan Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 kami dari GMKI Cabang Tarakan akan concern pada Tahapan Pemutahiran Data Pemilih dan Kampanye, namun tetap terus berkolaborasi, bersinergi dan berkordinasi dengan Bawaslu Kota Tarakan untuk Tahapan – tahapan yang lainnya” Tutupnya

Selain itu, Muhammad Zulfauzi Hasly, S.H., M.KN Ketua Bawaslu Kota Tarakan bersama Dian Antarja, S. HI dan Jupri, S.H yang juga Pimpinan Bawaslu Kota Tarakan mengapresiasi GMKI Cabang Tarakan yang telah melapor sebagai Lembaga Pemantau Pemilu di Bawaslu Kota Tarakan. Mereka juga menyampaikan untuk tetap berkolaborasi dan berkordinasi selama tahapan Pemilu berlangsung.

“Terima kasih atas kunjungan rekan – rekan Pengurus GMKI Cabang Tarakan untuk melapor sebagai Lembaga Pemantau Pemilu di Kota Tarakan, kami mengapresiasi kerjasama dengan GMKI Cabang Tarakan yang sudah terjalin sejak lama dan semoga tetap bisa bersinergi selalu dalam pengawasan tahapan Pemilu Serentak 2024 ini dengan tetap berkomunikasi dan berkordinasi selalu” tutup Muhammad Zulfauzi Hasly.

Leave a Comment

Your email address will not be published.